Tuesday, April 19, 2005

Hati-hati dengan kabel/sistem kelistrikan pada Karisma

Hemm..... bro sekalian, mau bagi2 ilmu nih.... Kemarin (sabtu sore) dateng sebuah karisma yang sdh di bongkar di bengkel lain....(enggak tahu deh dimana). Dia cuma bilang ada keluar asap pada kotak digitalnya.... wuiihhh (manggang apaan yah didalam situh....). Trus dia tanya kabel komplitnya ada enggak?.... kita jawab; coba kita cek dulu sama temen karena trus terang kita enggak pernah nyetok kabel... dan setelah dicek ternyata ada tapi harganya wah banget oom sampai 600rb lebih(ori ahm)!!! Trus orang itu menyanggupinya dengan catatan dia minta kelar hari itu jg. Begitu kita mulai melepas kabel body... banyak kejanggalan yang terjadi antara lain, ada 1 paralel kabel yang sudah tidak jelas alurnya (kabel buatan), aki yang dipakai adalah tipe basah ukuran motor grand.....

Tapi kita biarkan dulu saja sampai semua kabel baru sudah terpasang (btw, kabel lamanya hangus total.... untuk enggak sekalian motornya yang hangus.....). Setelah selesai terpasang baru disadari bahwa akinya enggak mungkin pakai yg dia punya karena kabel tipe karisma ini memang dibuat sudah ngepas ukurannya dan sama sekali tidak punya spare lagi.. dan kita minta dia juga mengganti akinya kembali ke orinya dan dia menyanggupinya. Setelah semua terpasang rapih dan benar, kita mulai mencoba kelistrikannya dengan cm menempelkan kabel masa dan strumnya pada aki (Sistem karisma DC, artinya kalau ada bagian lain yang tdk benar pada kabel maka pada kepala aki akan mengeluarkan bunga api).

Ternyata tidak ada percikan api jadi kita putuskan untuk langsung membaut aki dengan kabelnya masing2. Pada saat kita hidupkan mesin bisa hidup dengan normal hanya saja waktu itu ternyata memang kotok digitalnya sudah terbakar IC di dalamnya jadi yang berfungsi cuma lampu speedo, netral dan gigi, yang lainnya mati...... tapi waktu itu ada masalah lainnya yaitu kelistrikan pada lampu depan, senja, rem dan lampu kecil rem semuanya mati total.

Waktu sdh menunjukkan jam 8 malem.... gue dah mulai puyeng nih.... tiba2 gue tersentak dan langsung menanyakan mana kabel utama pada batok..... begitu gue lihat...... wuiiihhhh ini dia yang bikin penyakitnya.....yupe, betul kabel paralel yang enggak jelas tadi diatas merupakan sumber utama terbakarnya keseluruhan kabel.... kabel yang diparalel tadi merupakan kabel yang mencari jalur strum untuk diparalel ke lampu.... dengan cepat gue tanya yg punya motor; waktu dikontak lampu depan bisa langsung nyala yah?? trus dia jawab dengan lunglai.... iyah.... wah, baru deh gue bisa cepat lagi kerjanya rupanya mongtor risma si oom ini spul lampunya dah koit dan mengandalkan paralel aki untuk menghidupkan lampunya dan kabel paralel itu terjepit sehingga kabel luka dan mengenai body dan langsung mengakibatkan konsleting pada seluruh kabel bahkan sampai terbakar tuh kabel (kabel strum dari aki semuanya lumer).

Akhirnya gue bilang sama dia kalau lampunya mau dinyalain lagi enggak ada jalan lain lagi kecuali melakukan jumperan/paralel ulang tapi dibuat serapih mungkin agar tidak terjepit dan tergesek dengan body.... dan dia cuma bisa bilang iya deh..... jam 9 kurang dikit kerjaan paralel dan pasang semua body risma kelar dan dia melakukan test drive.

Waktu itu dia cm tanya bisa enggak speedo meter dan meteran bensin dihidupkan kembali.... kita cuma bisa bilang bisa dicoba dulu (toh sudah terbakar juga sih digitalnya....) akhirnya hari minggu dia dateng lagi dan minta dicoba diutak atik (yang ini enggak berhasil karena komponennya sudah ngaco semua) Btw, itu barang harganya hampir 500rb!!! Tapi kita bilang yang utamanya bukan digitalnya tapi spull lampunya diganti dulu karena menurut kita itu lebih penting dari digitalnya (biasanya kalau spull lampu mati ada kemungkinan merembet matinya spull CDI yang menyebabkan matinya seluruh sistem pada motor karisma).

Moral dari berbagi ilmu ini.... hati2 dengan penambahan kabel.... terutama yang langsung ngambil dari aki apalagi buat motor dengan sistem DC. Yg berikutnya jangan malu bertanya, sebelum sesat dijalan. Jangan anggap remeh masalah kelistrikan karena bisa saja membakar motor anda..... dan yang terakhir, untuk para penggemar utak atik motor perhatikan posisi awal dari baut, kabel dll sebelum anda membukannya karena bisa jadi hal ini awal dari konsleting kabel....

Semoga bermanfaat.....

Best Regards,

Despan

Buat yg tertarik untuk dateng ke workshop-nya bro despan, silakan datang aja langsung ke CV. Segarau Jaya, Jl. Kedoya Raya No. 25 Kel. Kedoya Utara Jakarta Barat 11520 telp. 58301785. (Dekat makam gadog sebelum METRO TV).

Artikel ini aslinya berasal dari posting yg di kirim bro despan pada milis Toko_Sparepart_Motor_Honda (YahooGroups), dengan subject asli "Kabel Karisma"

Note:
Saya tidak ada hubungan apa pun dengan bro despan, hanya sekedar ingin menshare informasi (yg mudah2an berguna untuk yg lain) setelah saya mengikuti milis yg ada di Toko_Sparepart_Motor_Honda Yahoogroups dan pengguna Honda Karisma.

No comments: