Tuesday, September 20, 2005

Sekring putus? Jangan panik!

Ini ada posting seputar putusnya sekring si bohay, mudah-mudah berguna saat kejadian ini menimpa bro sekalian.

Bros,

Sore kemarin mendadak (lagi-lagi) sekring putus pas mau jalan keluar kantor alhasil sepanjang jalan tuh speedometer dan elektrik lain kedap-kedip cenderung mati terus, ya untungnya masih bisa di starter manual. Berhubung masih terang jadi ya sengaja dirumah aja ganti sekringnya (ooopsss maaf kalo mengindahkan safety riding). Pas dijalan gw coba nyalain lampu depan dan sein kok bisa nyala ya walaupun sinar nyalanya tidak seterang nyala standar. Dirumah gw cek ternyata sekring birunya yang putus dan yang merah baik-baik aja. Soal nyala lampu depan tadi apakah berhubungan dengan sekring biru yang putus tadi.
Pertanyaannya :

  • Alur arus sekring biru buat kemana aja dan yang merah kemana aja ya?
  • Perbedaan ampere gimana? Kalo gak salah yg biru 15 amphere ya CMIIW
  • Gimana kondisi nya kalo dijalan putus satu sementara cadangan sekring berwarna sama dengan sekring yang tidak putus? (biru sama biru contohnya) dan apa efek negatifnya.
Share donk bro , maaf kalo ternyata ini adalah pertanyaan awam maklum karena memang awam heheheee

-Andry-
B6537KCL
Bro Andry,

Untuk lampu Sein jika supply dari aki terputus (sekring putus) maka tetap bisa nyala cuma memang agak redup dan pasti kedipnya lebih cepat dari biasanya karena ini disupply langsung dari spul dimana teganggan tidak stabil dan biasanya lebih rendah. dan lampu depan juga normalnya diambil dari spull jadi nggak masalah dengan aki.
  • Sekring Biru = 10A untuk pengaman jalur supply 12 Volt setelah kontak (kabel hitam) yang mensuply sebagian besar kelistrikan termasuk spedo panel dll.
  • Sekring Merah = 15A untuk pengaman jalur langsung dari AKI (kabel merah) yg akan mensuply ke kunci kontak dan akhirnya mensuply ke kabel hitam juga.
jadi logikanya Jika yang putus sekring merah maka mati semua sistem kelistrikannya karena yg merah ini levelnya diatas yg biru.

Perbedaan jelas, karena yg merah diatas yg biru maka yg merah normalnya mesti lebih besar tapi kalo mo samain 10A atau 15A semua tidak begithu masalah kok. tidak begitu efek, paling kalo putus bisa sama2 aja kali ya.
kalo putus dijalan sementara nggak bawa cadangan fuse bisa sementara disambung pake kabel serabut aja, kira2 3 serabut cukup. dan segera ganti dengan fuse yg bener.

semoga menbantu

ahmad SYAFAK

Nah sekarang kalau mau tahu dimana letak sekring itu berada, berikut penjelasan dari bro ravi.
Letaknya tepat di sebelah aki di bagian bawah bagasi. Caranya buka dua mur pakai obeng kembang, nanti plastik tutup kunci2 merangkap tutup aki akan terlepas, nah letak sekeringnya ada di sebelah kiri (kalau motornya menghadap ke depan).

Bawa sekring cadangan lebih baik (atau beberapa serabut kabel --bawa lebih banyak lebih bagus, untuk jaga-jaga barangkali terjadi putus beberapa kali-- untuk emergency darurat), tapi kalau diperhatikan di tutup plastik yang dicopot tadi juga sudah disediakan cadangannya sepasang kok.

No comments: