Thursday, December 02, 2004

Keluhan yg sering muncul pada si Bohai Karisma

Di sini gue mau sharing apa-apa aja yg sering muncul dan menjadi keluhan dari sebagian besar pengendara karisma. Bukan bertujuan untuk menyudutkan pihak Honda ataupun Wahana (selaku Main Dealer) melainkan untuk sharing mencari solusinya kalau saja ada:
  1. Suspensi yg keras, kecuali dipake untuk boncengan baru pas dan enak bener. dan krn saking kerasnya banyak yg membandingkan dgn suspensi supra yg dirasa lebih empuk.
  2. Bunyi kletek...kletek...kletek...pada mesin, seperti mie tek..tek..., katanya bisa di stel, dan bisa diperhalus dengan cara mengganti oli mesin. Sedangkan punya gue sendiri sampe saat ini masih bunyi, tapi ngga apalah selama ngga terlalu keras.
  3. Sering slip kopling pada saat pindah gigi, bunyinya serem banget deh, seperti kerr.........., ini biasanya disebabkan karena menggunakan oli standard Federal Oil Suprame Ultratech atau stelan kompingnya, dan pemecahannya bisa diatasi dengan mengganti oli mesin yg lebih baik, jika masih garansi (dan masih mau memiliki garansi mesin 3 th) sebaiknya gunakan Supreme XX (Ini sudah menjadi oli rekomendasi KaFC). Sedangkan yg lainnya bisa menggunkan Titan Fuch, Shell Helix, Rapsol, acuannya adalahOli yang grade API servicenya tinggi (Tertinggi SL) - hanya perlu diingat, dengan menggunakan oli jenis ini maka garansi mesin anda menjadi hangus. Sejak ganti menggunakan Supreme XX dan stel kopling, masalah ini sudah sangat-sangat jarang gue temuin lagi.
  4. Bunyi kedok yg bergetar, sebagaian besar mengakalinya dengan menambah bantalan karet atau double tip di antara sambungan. Sekarang si bohay gue malah bergeter di bagian buntutnya dan belom tahu mesti diakalin pake apaan lagi. ada ide laen ?
  5. Goyang pada saat melaju di sepanjang pembatas jalan, ataupun sambungan jalan aspal. Ada yg bilang sih ini karena masalah suspensi di no 1, atau bisa juga karena 'risma-nya baru keluar dan belom di setel pelg (bener ngga tulisannya?). dan sebagian lagi ada yg mengatakan karena masih menggunakan ban standard (nah lho moso yg beginian bisa di jadi'in standard). Untuk saat ini si bohay gue masih gue biarin begini, karena kadang asik juga ada goyangan inulnya :D. Asal jgn sampe nyium aspal aja.
  6. Perpindahan gigi yg keras, dan kadang sampai bunyi bletok!, bisa di stel koplingnya dan menggunakan hati saat perpindahan gigi :D, punya ane sekarang lumayan ngga pake bletak-bletok lagi sejak pake hati/perasaan.
  7. Kunci bagasi/jok/bensin yg keras. Sebetulnya ada dua permasalahan yg muncul namun solusi keduanya sama yaitu dengan menambahkan pelumas:
    a) Keras pada saat akan membuka jok, kalo ini gue sih cukup nagsih oli pada bagian tuas dan enselnya, sesaat setelah kamu buka jok dengan menggunakan kunci ada celah/lobang pada bagian belakang, nah coba berikan pelumas pada bagian tersebut gunakan senter untuk melihat jelas dan mempelajari cara kerja dari kunci jok. Hasilnya Wow! bisa jadi lebih enteng. Yang mau modal bisa beli dan semprotkan dengan WD40.
    b) Dan yg kedua keras pada saat kunci akan di masukan atau di cabut. Maksudnya susah saat kunci akan di masukan, ataupun kalo udah masuk suka "ngambek" ngga mau di tarik/dicopot. Nah untuk yg susah masuk dan keluar, dan biar cepet orgasme (nah lho ini masukin apa emangnya?) salah satu member karisma_honda menyarankan untuk mengolesi kunci dengan oli, nah ini ternyata mujarab banget lho!. Akhirnya sih gue semprot lobang kuncinya pake WD40. Sepertinya sih ini disebabkan karena setiap abis dicuci lubang kunci jok si bohay biasanya penuh dengan air.
Berikut juga beberapa artikel yang mudah2an bisa membantu anda dalam menghadapi si bohay yg "ngambek".
  1. Penyakit Bawaan pabrik - Motor Plus, bila link/url tersebut sudah hilang/putus silakan gunakan versi offlinenya disini

Hmm apa lagi ya itu aja dulu deh, kalo ada yg laen gue tambahin lagi.

Revisi
Jan 19, 2005: Tambah informasi dari Motor Plus.
Jan 02, 2005: Tambah point kunci jok yg keras, susah masuk atau di cabut. Perbaiki beberapa bagian kata.

No comments: