Monday, December 13, 2004

Gimana bikin karisma tambah ngacir dengan biaya murah?

Pertanyaan ini sempat muncul di milis Toko Sparepart Motor Honda, lumayan bisa di jadikan bahan acuan untuk yg awam sekali.

--- In Toko_Sparepart_Motor_Honda@yahoogroups.com, "Ardian"
wrote:
>
> Hi..semua salam kenal.
> Rekan-rakan ada gak yang punya saran gimana bikin
> tambah ngacir karisma dengan modifikasi yang ringan
> dan biaya murmer..:)
>
> Thanks sebelumnya.

ganti sama satria 150.... hehehehehe
just joking.... pada dasarnya motor karisma itu sudah diset speknya memang untuk high speed versi famili (yang versi street fighternya itu honda SONIC). Hanya saja dalam perjalannya ke negara kita banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga speknya diturunkan.

Spek yang diturunkan itu antara lain pada karbu... coba bro perhatikan karbu karisma itu corong intake-nya saja lebih besar dari TIGER tetapi pada lubang venturinya di persempit sampai ke corong dalamnya. Yang berikutnya adalah gigi rasio, punya karisma memang tidak di segmenkan buat balapan jadi ratio gigi karisma itu sangat hebat pada gigi 2-3 (sudah terbukti pada uji speed versi otomotif - perbandingan antara semua tipe dan jenis mesin 4T 125cc) yang cukup galak sampai-sampai motor andalannya "mamik" sempat tertinggal. Lanjut pada gir yang dipakai, jumlah matanya memang di perkecil (karisma 35 - kirana 34) yang maksud awalnya adalah apabila rasio gigi di turunkan maka kalau gir dikecilkan sedikit maka penurunan tenaga sebenarnya tidak terlalu terasa. Dan yang tak kalah pentinya adalah pada sektor pengapian yang mana pada karisma CDI hanya bisa menyalurkan listrik sampai dengan 12ribu rpm sedangkan kompetitor lainnya bisa lebih dari itu (hal ini dikarenakan CDI karisma dikasih LIMITER).

Sekarang pertanyaan sebenarnya, Bisa enggak karisma standar dinaikkan tenaganya? Jawabannya tentu bisa, caranya dengan memaksimalkan semua keterangan diatas.
Kalau naik tenaganya dengan biaya yang minim?
nah ini baru hal yang cukup sulit. Ada beberapa piranti yang saya sendiri dah pernah mencobanya.
  1. sektor pengapian, dari pada ganti CDI yang non LIMITER yang pasti harga nya dah bikin jut-jut saya coba akali dengan meberikan power boster (sejenis kepala busi tapi ada bahan didalmnya yang bisa memperbesar api dari koil ke busi)
  2. sektor mesin, di sini saya coba adopsi perhitungan pembukaan yang lebih cepat (meniru pembukaan motor balap) yaitu dengan menyetel ulang posisi klep. (Bahasanya terlalu tinggi, yang biasanya adalah tune up).
  3. sektor gir, karena gigi ratio sangat mahal untuk diutak atik maka saya coba carikan perbandingan yang sesuai. Yaitu gir 14 pada depan, rantai 428-104, dan gir 38 pada belakang.
  4. sektor peng-kabutan, pada pengkabutan atau yang lebih dikenal dengan karburator saya jajal dengan merubah main jet lebih besar dan pilot jet tetap standar. Dan di setel ala balap liar.
  5. Sektor buang, saya coba alat buang keluaran Asep Hendro dengan merk AHRS dengan tabung besar.
  6. Sektor pelumas, nih dia yang tak kalah penting peranannya buat bikin motor ente tambah galak. Coba pakai oli yang speknya API servicenya SL. Kalau kita di workshop sih nyaranin pakai TITAN FUCHS 20/50.
Untuk total biaya kurang lebih sekitar 500rb. Nah, keputusannya
sekarang ada saya bro sendiri... sektor mana yang mau dijajal??
Semoga Bermanfaat.

Best Regards,

Despan

Buat yg tertarik untuk dateng ke workshop-nya bro despan, silakan datang aja langsung ke CV. Segarau Jaya, Jl. Kedoya Raya No. 25 Kel. Kedoya Utara Jakarta Barat 11520 telp. 58301785. (Dekat makam gadog sebelum METRO TV).

Note:
Saya tidak ada hubungan apa pun dengan bro despan, hanya sekedar mengikuti milis yg di buat nya di Toko_Sparepart_Motor_Honda Yahoogroups. dan pengguna Honda Karisma.

Revisi:
Jan 02, 2005: Tambah alamat workshop.

1 comment:

edMotionz said...

mmm, patut juga ini dicoba:D anyway thx buat ide2nya, buat reference bagus juga ini ...