Monday, April 04, 2005

[Honda-Karisma] Cerita Eric / Leo Jaya part II

bros,
semenjak saya cerita di milis soal Eric mekanik Leo Jaya ( Priok ), ada beberapa orang bro di milis ini ( maaf lupa namanya ) yang langsung menuju Leo Jaya dan menemui si Eric untuk melihat langsung, apakah dia memang mekanik yang baik dan layak direkomendasikan. terus terang, jadi beban moral juga bagi saya. komat-kamit berdoa, semoga si eric ini tidak mengecewakan bros lain. saya berniat, suatu saat nanti, saya akan coba membuktikan sendiri layanan service yang diberikan oleh eric. kesempatan itu akhirnya tiba. inilah cerita selengkapnya. speerti biasa, mohon maaf .... panjang bo !

setelah berhasil ngambil cuti kamis lalu, saya boyong si bohay ke leo jaya berhubung babe termasuk orang yang percaya bener teori lama : motor kalo ngga rusak, ngga perlu dibawa ke bengkel. apalagi motor honda yang jarang rusak. walah .... sudah diberi dengan ikhlas kok tak dirawat sih, be ? dateng pagi-pagi sekitar jam 8-an, bohay-ku dapet nomor 6. mbak-mbak yang nungguin outlet ada yang baru deh kayaknya ( heran gue, kok gue perhatiin aja ya ? hehehe ). celingak-celinguk, kok aktifitas bengkel masih malu-malu ya ? beberapa orang mekanik mulai tampak siap-siap bekerja. ada orang leo jaya, membawa masuk beberapa motor sesuai dengan nomor pasiennya. oya, pas daftar service, dengan 'tega'-nya si mbak yang manis bilang,"Pak, service terakhir sudah lewat nih. Jadi hangus ya ? Kilometer lewat, masa berlaku juga lewat."Saya bilang, atur aja deh Mbak. Bayar ya bayar. Ngga tega, habis senyumnya manis juga. Mbak yang satunya, yang kayaknya orang baru, jutek bener mukanya. pelit senyum. huuuu ...pengen gue jitak aja rasanya gimana dagang mau laku kalo pasang muka begitu ?

"Mbak, sama Eric ya !"dan si Mbak manis pun mengangguk.

Mekanik lain sudah mulai melakukan aktifitas, bohay gue juga sudah naik pelaminan. Mana dia orangnya ? Ngga lama nongol dia. Gue perhatikan dari jauh, dia mengambil notes / SPK, memperhatikan sejenak, kemudian langsung memeriksa si bohay. Menyalakan mesin, mendengarkan suaranya, lampu-lampu, rem, dll. Mirip proses scanning gitu deh. Gue mendekat, dia tersenyum."Motornya, Pak ?"tanyanya dengan ramah. Gue mengangguk. Kayaknya dia lupa sama gue. Bagus deh."Ada keluhan ?", wow ...... tumben ada yang nanya begini, gue pikir sambil tersenyum."Cuma satu Mas. Rem depan saya dari pertama beli baru jarak mainnya agak dalem. Kayak pakai rem tromol aja. Kesannya ngga pakem gitu. Padahal saya sudah bongkar dan bilas minyak remnya sampe dua kali". Ngga disangka, sambil memainkan handle rem dia langsung ngomong,"Mungkin waktu pasang ABS, masih ada angin palsu, Pak". Gue jawab,"Ngga juga, saya pasang ABS justru biar agak pakem. Tapi jarak mainnya tetap jauh. Tolong deh sekalian dicek". Dia tersenyum lagi sambil mengangguk. Sampai di sini, dia masih seperti dulu. Begitu batin saya.

Dan mulailah dia bekerja. Bongkar sayap, lepas filter, lepas karburator dan seterusnya. Menemani dia bekerja, gue ajak ngobrol dia.

"Denger-denger, Mas Eric dapet penghargaan dari Wahana ? Wah, selamat ya ! Gimana tuh ceritanya ?"hehehe ....... gue iseng banget ya ? Dia menjawab sambil tersipu-sipu,"Hahaha .... makasih Pak. Ya, kebetulan saja mungkin. Ada salah satu langganan yang katanya ngasih tahu ke Wahana lewat apa itu ya ... milis ? Saya juga ngga ingat, langganan saya yang mana. Saya kan orang bodoh, milis itu apa saya juga ngga tahu. hahahaha ....."

"Kenapa memang langganannya itu, Mas ?"
"Barangkali saya bisa membantunya memperbaiki motornya dan kebetulan dia puas. Terus melaporkannya ke Wahana. Sayang, saya benar-benar ngga tahu orangnya yang mana."

Sambil terus bekerja, kita ngobrol banyak. Persis seperti dulu, kayak teman lama aja. Gue tanya, apa reaksi mekanik yang lain saat tahu dia dapet penghargaan, reaksi bossnya, bagaimana dia dulu bisa bekerja di situ dan lain-lain. Dia cerita, bahwa dia sebetulnya merasa ngga pantas dapat penghargaan itu. Dia merupakan mekanik yang paling junior dari seluruh mekanik di Leo Jaya, rendahnya.

"Dulu, saya ngga bisa motor, Pak. Saya benar-benar orang awam yang tidak tahu motor. Masuk bekerja di Leo Jaya, ditawari Pak Hendra ( Owner dari Leo Jaya ? ) mau bekerja di shop atau bengkel. Saya jawab di bengkel saja, karena saya lebih suka kerja mekanik, meskipun ngga tahu apa-apa. Tekad saya cuma satu, belajar sebanyak-banyaknya, sekeras-kerasnya. Pak Santana ( mekanik yang meja kerjanya persis di sebelah dia ) guru saya yang pertama. Dia yang mengajari saya dari nol. Mendidik saya betul-betul dia. Dulu, kita sering bongkar motor berdua. Ini yang namanya ini nih, Ric. Itu harus digituin, baru bener. Saya ingat baik-baik semua ajaran Pak Santa. Di antara mekanik Leo Jaya, cuma saya yang orang awam. Yang lain rata-rata dari bengkel umum, malah ada yang dulu punya usaha bengkel kecil-kecilan. Baru setelah beberapa lama, saya disekolahkan Leo Jaya sehingga jadi mekanik AHASS grade .... ( lupa, kalo tidak salah mekanik AHASS memiliki peringkat yang menunjukkan kualitas dan kematangannya )."

"Ada rekan kerja yang sirik dengan penghargaan yang diberikan Wahana ke Mas Eric ?"
"Alhamdulillah, tidak. Kita saling bantu sih, Pak. Namanya juga kerja tim. Kadang, apa yang saya ragu, saya masih sering tanyakan ke mereka karena mereka lebih senior. Mereka selalu ngasih solusi. Mungkin ininya ... coba liat lagi itunya ..... Ya, itu asyiknya kerja tim. Masalah besar pun rasanya ringan karena dikerjakan bersama-sama. Kadang kalo salah satu repot banget kelihatannya, yang lain juga ikutan membantu. Mereka kaget juga begitu tahu saya yang dapat. Tapi mereka ngasih selamat. Ah, jadi malu. Seharusnya penghargaan itu lebih pantas buat Pak Santa. Dia benar-benar guru saya ..."keliatan sekali Eric sangat menghormati dan menyegani mekanik bernama Pak Santana itu. Bagus juga sifatnya, tidak besar kepala dan selalu ingat siapa yang berjasa kepadanya. Salut deh.

"Gimana tuh ceritanya waktu Wahana dateng ? Kaget ya ?"
"Bukan kaget lagi, Pak. Ada beberapa orang petinggi Wahana yang dateng. Saya pikir ada apa. Saya kira malah Pak Santa atau yang lain yang dapet. Tahunya saya yang dapet. Ada Pak Aan, Pak Lutfi yang datang waktu itu."

"Boss-nya bilang apa habis itu, Mas ?
"Pak Hendra cuma bilang, teruskan kerja baiknya. TIngkatkan lagi, jangan sombong. Jangan terlena. Masih banyak yang lebih pinter. Saya harus belajar lebih keras lagi. Di satu sisi, kitanya senang dapat penghargaan. Di sisi lain, saya juga merasa beban saya jadi berat. Mulai sejak itu, orang akan makin banyak melihat saya. Saya harus lebih hati-hati lagi dalam bersikap. Saya juga harus lebih banyak belajar lagi, supaya makin tahu. Ya .. moga-moga saja saya tidak mengecewakan pelanggan, Pak"

"Ah, tapikan buktinya banyak tuh yang sekarang cari Mas Eric ?"
"Hahaha .... ngga jugalah. Biasa aja. Ada beberapa langganan baru juga sih. Malah ada yang dulu 'kenalan'-nya lewat nantangin."

"Nantang ?"
"Maksud saya, dia itu dulu service karismanya di Betawi Motor ( AHASS yang dulu cukup besar dan nge-top di daerah Priok. Sekarang masih nge-top dengan kebohongannya, hehehe ). Tapi mungkin kurang benar atau gimana gitu. Dia denger dari temannya,"Lu coba bawa ke Leo. Cari yang namanya Eric, katanya sih bagus. Test aja". Dia bawa tuh karismanya ke sini. Dia bilang,"Motor ini banyak masalahnya. Katanya situ bagus ? Bisa ngga bikin nih motor enak lagi ?"Wah, keder juga saya langsung ditembak begitu. Dalam hati saya berdoa, kuat-kuatin mental. Namanya karisma, ya pasti karisma. Ngga mungkin penyakitnya ngga ketahuan. Dulu waktu Honda mau launching karisma, seluruh mekaniknya ditraining dulu kok. Saya jawab sama Bapak itu, saya akan coba. Tapi saya juga manusia biasa, ngga luput deh dari yang namanya salah atau khilaf. Tapi saya coba bantu. Alhamdulillah, dia puas. Saya juga lega. Busyet .... dateng-dateng ditodong gitu, panik juga sih ..."

"Ngomong-ngomong, katanya AHM lagi bikin karisma injeksi ? Ada bocorannya ngga, Mas ?
"Oh iya, Wave-i ya ? Di Thailand sih sudah muncul. Tapi kabarnya masih belum jelas, Pak. Memang denger-denger dari 'orang dalem' sih, katanya Wave-i bakalan dikeluarin. Katanya sekarang lagi masih dalam proses dokumentasi. Jadi, Wave-i itu kan yang bikin Thailand ? Di sana udah beredar, Honda sini belajar dari kasus-kasus yang muncul selama Wave-i beredar. Belajar dari komplain pembeli, kekurangan-kekurangannya apa aja, masalah apa aja, gimana ngatasinnya, .... jadi kira-kira Wave-i versi Indonesia bisa lebih baik lagi dari Thailand punya."

"Oh begitu .... ditraining lagi dong nanti ?"
"Biasanya sih begitu. Mekanik AHASS selalu ditraining sebelum produk baru Honda keluar. Tapi sekarang saya belum denger kabarnya kapan mekanik ditraining. Kalau nanti ditraining, mekanik kayak kita ini langsung belajar dari kasus-kasus Wave-i tadi. Jadi lebih cepat menyerapnya."

"Apa sih bedanya kalo pakai injeksi, Mas ? Lebih irit atau kencang gitu ?"
"Wah, saya belum tahu, Pak. Tapi logikanya sih, lebih irit pasti. Pembakaran lebih sempurna, tenaga mungkin sedikit naik. Tarikannya agak enak gitu. Saya pikir, Wave-i lebih stabil. Kayaknya Honda motor mau dibikin kayak mobil Honda deh. Hahaha .... kan teknologi injeksi dari mobil datangnya ?"

Masih banyak lagi yang diobrolin. Dia tanya, kenapa gue jarang ke situ lagi. Ikutan milis juga ? Sampe akhirnya saat dia mengecek ketegangan rantai, dia memeriksa gir belakang gue. Dia bilang, karet tromolnya sudah 'kena'."Mau gimana, Pak ? Mau diganti atau dibiarkan saja ? Kalo dibiarkan, ngga bagus juga buat gir dan rantai. Motor juga rasanya kayak tersentak-sentak gitu."Gue bilang, biarkan saja. Nanti gue tambel aja pakai karet ban dalem. Dia mengangguk."Tahu cara pasang tambelannya ?"Gue bilang tahu. Tapi dia ambil satu karet tromol yang bekas, sudah rusak. Dia terangkan ke gue, bagian mana yang harus dilindungi dengan karet."Kalo bisa, saat diganti baru sekalipun, ditambahkan juga karet ban dalemnya. Biar karet tromolnya tak cepat getas".

Iseng-iseng gue cerita soal mekanik Yamaha yang kayaknya malesssssss banget kalo disuruh stel klep. Katanya kalo klep bawaan pabrik sudah presisi, ngga berisik ngga perlu distel. Kebanyakan distel malah bikin rusak. Gue tanya sama Eric, setahu gue, rata-rata tiap 4000 km batas maksimal klep harus distel ?"Sebetulnya, memang tidak mutlak harus distel, Pak. Tapi WAJIB dan MUTLAK diperiksa keregangannya. Kebanyakan distel kalo tidak perlu, memang tidak bagus. Kenapa ? Karena bisa membuat drat-drat baut jadi aus, misalnya. Tapi kita jadi manusia kan ngga boleh jumawa. Ngga boleh sombong dan yakin banget. Biasanya, saya denger bunyinya kayak gimana. Saya buka juga dan periksa klepnya. Apa perlu distel ? Apa perlu cuma dikencangkan sedikit aja ? Ya, distel memang belum tentu. Tapi diperiksa adalah kewajiban mekanik AHASS. Kan di buku petunjuk ada tuh tabelnya ? Tiap berapa km, apa saja yang harus diganti, diservis atau distel."

"Biasa mungkin ya. Namanya juga service gratis, mekanik biasanya males-malesan."
"Ada juga sih yang begitu memang, Pak. Namanya manusia ...."

Suatu saat, Mas Eric mengambil apa gitu ke meja kerja temannya. Kayaknya kunci-kunci apa deh gitu. Dia melihat, ada seorang Bapak yang karismanya juga lagi diservice. Bapak itu tampak lagi kutak-katik sayap karismaya. Entah mau dilepas atau diapain, gue kurang tahu. Eric menghampiri Bapak itu. Dia komunikasi sebentar, kemudian memberitahu Bapak itu sambil menunjuk ke sayap karismanya. bapak itu berseri-seri sambil mengucapkan terima kasih. Wah, boleh juga memang nih orang. Lihat orang kayaknya ada masalah, masih mau nengok dan coba bantu.

Saat Eric membetulkan rem depan gue, gue ngga lihat lagi. Mas Tri PI telpon, jadi gue keluar. Tak lama, gue masuk, tampak Eric sudah selesai dan sedang memeriksa tekanan angin pada ban. Bapak yang tadi dibantu dia menghampiri gue,"Mas, mekaniknya teliti sekali ya ? Yang lain sudah pegang dua motor dia masih pegang motornya si Mas". Gue bilang, mekanik yang pegang motor gue memang orangnya begitu kerjanya. Dia mengangguk,"Kapan-kapan saya mau coba ah.". Gue tersenyum.

"Pak Nio Pangestu, karismanya sudah selesai Pak. Jumlahnya, 33 ribu."Mbak manis menyerahkan bon.

"Mbak, mahal banget sih ? Saya ngga bawa uang nih. Titip STNK aja boleh ?"goda gue. Si Mbaknya cuma nyengir, nengok gue ke Mbak jutek sebelahnya. Bujug ..... tuh bibir masih aja memble. Iri kali ngga digodain gue ? Hehehe ......

"Nah lho, saya punya kartu sakti ini. Dapet diskon dong ?"kata gue sambil ngasih liat KaFC Card. Dia menerima kartu itu, memperhatikan dan mengernyitkan dahi sambil melirik ke gue.

"Asli ngga nih ?"kata dia. Sialan. Bisa godain gue juga.

"Ya ampun. Masa bohong sih ?"DIa ketawa, terus menyerahkan kartu itu ke Mbak jutek. Dan si jutekpun menghitung ulang diskon 10 % dari harga service.

"Totalnya jadi sekian. Ada uang kecil ngga ?"kata dia pas gue beri gocap.

Busyet dah nih cewek. Gak ada ! ketus gue. Emang cewek doang bisa jutek ? Belum pernah nonton sinetron 'Cowokku Jutek' dia !

Beres, gue tunggu di depan bengkel. Eric datang dan di depan gue mengetes pengereman. Gue tanya,"Gimana rem depannya, Mas ?'. Dia jawab,"Saya sudah coba ganjal dengan ring pada bagian ( gue lupa dah ) .... tapi sepertinya memang maksimalnya cuma segini, Pak. Mungkin produksi nomor ini ( maksudnya karisma gue ) settingannya kebetulan dapet yang begini. Ada sih karisma yang rem depannya memang enak. Tapi bagaimanapun, rem depan Bapak tetap pakem. Coba aja dulu, Pak. Kalo jarak main rem depan terlalu dekat atau mepet, yang kena itu bagian ininya ( sambil menunjuk suatu bagian di handle rem )."ada sedikit raut tidak enak hati terpancar dari wajahnya. Gue mengangguk,"Sudahlah, ngga papa Mas. Saya percaya kok". Eric juga manusia..... Sambil menyerahkan 'angpao' kecil gue terima kembali tuh bohay.

"Terima kasih, Pak. Titip salam untuk semua teman-teman ( milis karisma_honda )"ujarnya sambil tersenyum. Gue nyengir sambil bilang,"Nanti saya sampaikan. Makasih ya, mas".

Gue bawa pulang si bohay. Di depan rumah, tampak ayah tercinta menanti di depan."Lama amat sih ? Gimana hasilnya ? Sini deh ... sini deh ...". Langsung diambil tuh bohay. Doi melakukan warming up lap ( atau victory lap kali yah ? ) dengan muterin gang sekali. Gue tunggu di depan sambil berdebar-debar juga. Maklum, doi terkenal perfeksionis kalo buat tunggangannya ( tapi males bawa ke bengkel, gimana coba ? ).

"Enak ngga sekarang ?"tanya gue sambil dag-dig-dug.
"SIapa yang service ?"kata dia.
"Itu loo ... mekanik dulu yang pernah saya ceritain. Eric. Gimana ?"desak saya.

"Boleh juga. Tarikannya jadi agak panjang di atasnya. Yeah ... lawan bebek paling bandel doang sih, gigi tigalah gue 'beri' ..... lewat pasti ! Kalo ngga seneng dibilang begitu, kita test aja sekarang"sahutnya cuek.

Busyet ..............

Itulah kisah si Eric sekian waktu tidak berjumpa. Maaf, kepanjangan ceritanya bros. Bolehlah Mas Eric ini jadi rekomendasi. Terlalu jago, mungkin tidak. Tapi dia jujur mengakui semua kekurangan yang ada padanya. Jadi mungkin kita tak perlu terlalu was-was takut dikadalin. Oke deh, penghargaan dari Wahana tampaknya tak berhasil membuat dia menjadi sosok yang berbeda dan berubah. Salut.

pareng,
tok
-ayahkuedanjugayah-

1 comment:

Anonymous said...

Duh penasaran jadinya sama si Eri, jauh sih ... kalau deket gue mau aja mampir ke itu bengkel, kalau yg daerah cileungsi ada ngga ya mekanik yg selevel atau lebih dari bro Eric?