Monday, October 18, 2004

Terobosan Baru Honda Wave-125i Injector

Pikiran Rakyat - Ini adalah pertama kali sebuah motor kecil jenis bebek memakai system injector sebagai pengganti karburator di produksi di Thailand. Terobosan baru ini ditampilkan oleh Asia Pacifik Honda Motor Co., Ltd. di Thailand pada Bangkok Motor Show 2003 awal April lalu dengan meluncurkan Honda Wave 125i.

Honda Wave-125i model terbaru ini bermesin 125cc, satu silinder dengan pendingan udara yang dilengkapi dengan "compact PGM-F1 electronically controlled fuel injection system".


Honda Wave 125i - Green Diamon Metalics

Pemakaian sistem "injection" yang kini telah meluas digunakan pada mesin mobil sedan mewah dan sport merupakan terobosan teknologi mesin bakar yang telah dikembangkan pada 10 tahun terakhir untuk meningkatkan efisiensi pembakaran di ruang silinder agar lebih sempurna dan hemat BBM yang dampaknya mengurangi polusi udara.

Pada sistem "injection" bensin ditekan masuk melalui pompa yang dikontrol secara elektronik sementara pada sistem karburator, bensin mengalir secara natural dan masuk ke ruang bakar dengan sedotan. Dengan system "fuel injection" ini, menghidupkan mesin Honda Wave jadi lebih mudah, start lebih halus dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal pada semua tingkat kecepatan.

Disamping itu lebih nyaman dikendarai dan bahan bakar lebih hemat serta tak kalah penting polusi udara sebagai hasil proses pembakaran yaitu CO, HC+NOX bisa ditekan hingga 50% lebih rendah dibanding motor sejenis dengan pembakaran system karburator.

Honda Wave 125i dengan system "injection" berarti akan dapat memenuhi standar baru yang diperketat anti polusi udara kendaran bermotor yang akan diberlakukan pemerintah Thailand tahun depan mulai Juli 2004.

Produksi Wave 125i yang dilakukan Thai Honda Manufacturing dan penjualan ke publik akan dimulai bulan Juli 2003. Belum diketahui kapan motor bebek Honda Wave 125i sistem "injecton" ini akan masuk ke Indonesia. Sementara jenis Wave 125 dengan karburator telah dipasarkan di Indonesia sejak 2002 dengan nama Honda Karisma 125.

Selain Wave 125i, Asia Pacific Honda Motor yang bertanggung jawab untuk menciptakan model baru untuk pasar Asia bagi Honda Motor Co., Ltd. Jepang juga akan meluncurkan model baru lainnya dengan sistem "injection" untuk memenuhi pasar motor yang berkembang pesat di Asia saat ini. (bk)***

No comments: